Alasan Bayi Menangis Dan Cara Mengatasinya

Untuk bunda yang baru saja memiliki buah hati yang masih bayi, tentunya memang belum ada banyak pengalaman baru yang seringkali membuat bunda deg-degan. Kebanyakan orang terkadang memiliki perasaan yang bingung bercampur dengan kebahagiaan. Terkadang sebagai orang tua khawatir dan bingung ketika buah hati menangis, hal ini membuat kebanyakan para orang tua kebingungan untuk mengatasinya. Misalnya saja bayi belum dapat berbicara, maka hal ini seringkali membuat bayi menangis untuk bisa mengungkapkan perasaannya.


Nah berikut ini ada beberapa alasan bayi menangis dan cara mengatasinya. Hal ini penting sekali untuk bunda ketahui, agar bunda bisa mengatasinya dengan baik apa yang diinginkan oleh buah hati.

Berikut Alasan Bayi Menangis

  • Bayi merasa lapar
Alasan bayi menangis dan cara mengatasinya pertama adalah bayi merasa lapar. Ketika bayi lapar, bayi hanya akan dapat menangis untuk dapat mengungkapkan perasaannya. Bayi yang memiliki perut kecil sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga hal ini membuat si bayi menjadi mudah merasa lapar. Sebenarnya bayi yang menangis tidak selalu karena lapar, dengan memperhatikan mulut dan jarinya. Nah ketika bayi mengisap jarinya hal ini tandanya bayi masih dalam keadaan lapar. Ketika bayi merasa lapar,tangisan bayi bisa diatasi ketika bunda menawarkan ASI atau susu pada si buah hati.
  • Popok yang kotor
Bayi juga merasa tidak nyaman ketika popoknya dalam keadaan kotor. Bayi akan menangis, karena popoknya yang basah yang mana hal ini tentunya membuat bayi menjadi tidak nyaman dan apabila dibiarkan begitu saja tentunya akan dapat menyebabkan terjadinya iritasi. Oleh karenanya segeralah mengganti popok bayi ketika popok mulai kotor dan basah.
  • Ada ruam popok
Alasan bayi menangis dan cara mengatasinya selanjutnya adalah adanya ruam popok. Ruam popok pada bayi juga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman karena gatal. Untuk menghindari ruam popok, sebaiknya untuk mengganti popok bayi segera. Iritasi ini juga dapat disebabkan karena popok yang tidak cocok dan tidak sesuai dengan kulit bayi yang sensitif, atau kebiasaan bunda menunda untuk mengganti popok bayi yang sudah basah dan sudah tidak nyaman untuk bayi. Jika terjadi iritasi tersebut, segeralah untuk mengkonsultasikan masalah tersebut pada dokter anak.
  • Tumbuh gigi
Untuk bayi yang terlalu banyak bermain juga akan lelah. Bayi juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Ketika bayi sedang menangis, cobalah untuk segera menidurkannya. Membasuh air dingin bisa menjadi cara untuk membuat bayi menjadi nyaman. Bunda bisa mengganti pakaiannya dan menidurkan kembali bayi tersebut.

Nah itulah beberapa hal alasan bayi menangis dan cara mengatasinya. Menangis menjadi salah satu bahasa bayi untuk dapat menyampaikan suatu keluhan dan keinginannya. Jadi ketika bunda menghadapi bayi yang sedang menangis, cobalah untuk melakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.


 www.ruthjetti.com

0 Response to Alasan Bayi Menangis Dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar